Selasa, 01 Mei 2012

WISATA KULINER DI KOTA MATARAM YAN MATT AKPAR

Jalan-jalan di Kota Mataram

Kota MataramKota Mataram adalah Ibu Kota dari Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terletak di Pulau Lombok. Sudah dapat terbayangkan bagaimana suasana di Ibu Kota Provinsi, pasti ramai, penuh, sesak dan kendaraan berlalu lalang dimana saja. Namun walaupun demikian, bukan berarti Kota Mataram tidak menyimpan tempat liburan yang cocok bagi para wisatawan.
Kota Mataram menyimpan berbagai tempat wisata dan tempat hiburan. Dimulai dari Taman Mayura yang terletak di Cakranegara, kemudian Taman Loang Baloq, Pantai Ampenan dan beberapa tempat lainnya. Pelabuhan pertama di Pulau Lombok adalah pelabuhan Ampenan yang kini menjadi daerah wisata.
Continue reading
Posted in Kota Mataram | Tagged , , , , , | 13 Comments

Matahari Terbit di Gili Kedis

Gili Kedis Gili Kedis
Berburu indahnya sunrise (matahari terbit) dan sunset (matahari tenggelam), intinya adalah menikmati ‘siraman’ sinar matahari. Sunset dan sunrise di Gili Kedis menyimbolkan kedamaian sedangkan di Gili Nanggu menyimbolkan romantisme, eksotisme ditawarkan oleh sunrise dan sunset di kawasan Gunung Rinjani. (Rieka)
Continue reading
Posted in Lombok Barat | Tagged , , , , , | 1 Comment

Gili Nanggu Lombok Selatan

Gili NangguPulau Lombok terkenal dengan 3 Gilinya yaitu Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Namun ternyata ada beberapa Gili yang jarang dibahas dan seakan-akan “tidak ada” di peta Lombok. Padahal dari segi keindahan dan kealamian Gili-gili lain tersebut tidak kalah indah dengan 3 Gili yang terkenal. Salah satunya adalah Gili Nanggu yang terletak di Pulau Lombok bagian Selatan.
Keindahan alam serta ketenangan mungkin menjadi andalan dari Gili Nanggu. Terdapat beberapa tempat penginapan yang katanya masih dikelola oleh perorangan. Terumbu Karang sudah bisa terlihat 5 meter dari Gili dengan berbagai ikan hias yang lewat. Gili yang berjuluk Paradise Island ini menjadi destinasi wisata pulau Lombok yang rutin dikunjungi oleh para tamu mancanegara.
Continue reading
Posted in Lombok Barat | Tagged , , , , , , | Leave a comment

Nasi Balap Puyung

Nasi Balap PuyungSatu lagi Makanan Khas Lombok yang sangat terkenal karena ayam pedas dan ayam kriuk / krispinya, yaitu Nasi Balap Puyung. Asal mula makanan ini pada tahun 1970an, Inaq Esun memulai membuat makanan khas yang berisi Nasi Putih, Ayam Pelecingan, Ayam Kering dan Kacang Kedele. Pertama kali Inaq Esun menjualnya di Pasar Kebon Roek dengan sistem barter, yaitu Makanan ciptaan Inaq Esun dengan kebutuhan lainnya.
Barulah sejak tahun 1990an diberi nama Nasi Balap Puyung. Asal usul nama ini adalah, salah satu cucu Inaq Esun yang merupakan pembalap lokal sering memenangi perlombaan balapan, dan setiap menang dia mentraktir teman-temannya untuk makan di warung kecil milik neneknya ini. Kemudian tercetuslah nama “Nasi Balap Puyung“.
Continue reading
Posted in Serba-Serbi | Tagged , , , , | 6 Comments

Pelecing Kangkung

Pelecing KangkungMakanan khas Lombok yang satu ini sangat terkenal hingga seluruh Indonesia dan menjadi ciri khas di Pulau Lombok. Tidak jarang wisatawan datang ke Pulau ini pasti ingin mencicipi makanan khas yang terdiri dari kangkung, sambal tomat, toge dan parutan kelapa tua. Jika dilihat secara kasat mata, tidak ada yang spesial dari makanan ini, namun menjadi makanan paling favorit dan paling terkenal di pulau Lombok.
Tidak sedikit juga yang memuji Pelecing Kangkung khas Lombok karena pedasnya. Namun walaupun pedas, seakan-akan kita tidak bisa berhenti untuk menikmatinya, karena rasanya yang khas dan mantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar